Rabu, 17 Juli 2013

Tanah Suci Katanya...?


Lenyap sudah lelah yang kurasakan hari ini, Berganti kagum menatap keindahan yang terhampar luas didepan mata di atas puncak Bawakaraeng. Banyak cerita dan mitos yang kudengar tentang gunung  yang dianggap tanah suci bagi sebahagian orang ini. Sebuah cerita tak akan pernah terbentuk tanpa narasi dan kaitan yang jelas dengan masa lalu. Entahlah,,,

Hari kumenapaki jalan menuju puncak telah kutemui banyak keluarga bersama seorang guru spiritual yang dianggap oleh mereka mampu menghubungkannya dengan apa yang dipercayanya. 
Entah apa yang dipirkannya namun banyak hal aneh yang membuatku semakin penasaran betapa kuat kepercayaan mereka tentang gunung yang terdapat di Kabupaten Gowa ini, bahkan bayi imut yang tak tau apa-apa, si kakek yang harus dipapah menuju puncak tak pernah mengurangi semangat mereka. Mungkinkah ini tanah surga,,,? Tanah yang ketika kita telah menapaki puncak dan tempat pemujaannya maka kita akan di panggil Haji oleh golongan mereka.


Samar suara doa mulai terdengar ketika kaki ini mulai menapaki puncaknya. Kumelihat keramain tertunduk dan mengharu sembari berdoa di luar lingkaran sesajen yang menghampar teratur di atas singgasana puncak Bawakaraeng. Tak lazim namun itu yang terjadi, kepercayaan yang membutuhkan nyali tetap terjaga dan bersinergi dengan para pelancong yang ingin berwisata di gunung ini.  ( 059 )
                           
                                                                                                                                 

0 komentar:

Posting Komentar