Selasa, 16 Juli 2013

PERINGATAN HARI BUMI 2013

Tahukah Anda bahwa hari bumi pertama kali diperingati tahun 1970 dan dilakukan pertama kali di negara Amerika. Hari bumi digagas pertama kali oleh Gaylord Nelson dia dalah seorang senator. Ide Hari Bumi ini dia cetuskan pertama kali pada saat pidatonya di Seatlle tahun 1969 tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial. Dari situlah Setiap tahun, Hari Bumi 22 April menandakan ulang tahun kelahiran bagi gerakan alam sekitar moden pada 1970. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu Bumi dalam skala global.

Bumi yang semakin sekarat. Panasnya bumi terasa menyengat dan membakar, cuaca sulit diprediksi, bencana tidak kunjung henti melanda dan terus berulang, hutan semakin rusak dan semakin terkikis, manusia, satwa serta tumbuh-tumbuhan kian sulit bertahan. Semua makhluk hidup di bumi dihadapkan dengan berbagai tantangan dan persoalan terkait keadaan bumi kita saat ini yang sakit akut akibat perbuatan dan perilaku manusia.

Dalam peringatan hari bumi 22 April 2013 beberapa organisasi pencinta alam yang ada di UNM yakni MAHORPALA FIK UNM, MAESTRO FBS UNM, MAPALA TEKNISI UNM, MIMESIS FSD UNM, WANAPANCA FMIPA UNM, TRISULA FIS UNM, MAEKPA FE UNM, MADIPALA FIP UNM, MARABUNTA FPIS dan KONTUR GEOGRAFI UNM  bergabung untuk memperingati hari bumi tersebut dan berusaha menyadarkan warga akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan minimal dari diri pribadi masing-masing. Dalam kegiatan ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya :
  • Body painting dan teatrikal di depan kampus UNM dan Pasar Tradisional Pa' Baeng - Baeng Makassar
  • Melakukan aksi bersih di Pasar Tradisional Pa' baeng- baeng Makassar
  • Pembuatan dan pembagian tempat sampah di Pasar Tradisional Pa' Baeng- Baeng Makassar dan Pedagang Kaki Lima di depan kampus UNM
  • Aksi Musik Sampah


0 komentar:

Poskan Komentar