Minggu, 14 April 2013

TIPS MENDAKI GUNUNG BAGI PEMULA

'' Salam Lestari ''
Kali ini kami akan membahas tips mendaki gunung buat pemula karena mendaki gunung adalah kegiatan outdoor yang paling populer, mulai dari anak sekolah, mahasiswa bahkan sampai orang yang sudah lanjut usia menggemari kegiatan outdoor ini. Untuk mereka yang mungkin  masuk oraganisasi pencinta alam seperti; SISPALA, MAPALA, KPA hal ini sudah hal yang lumrah atau hal yang sudah barang tentu mereka tau, akan tetapi bagi pemula yang belum tau apa-apa tetapi mempunyai keinginan untuk mencicipi dunia petualangan khususnya mendaki gunung, ini dia beberapa tipsnya buat anda :

  1. Bawalah perbekalan yang cukup. Mendaki gunung bisa sangat melelahkan terutama buat anda yang baru pertama kali melakukannya. Makanan akan membuat tubuh anda bertenaga, sementara air akan mencegah dehidrasi. Saran kami minumlah air putih saat kelelahan dalam perjalanan karena lebih menyehatkan dari minuman lain. Sementara untuk kopi, teh, minuman bersoda, dll nanti anda minum ketika istirahat atau camp.
  2. Bawa dan pergunakan pakaian yang sesuai karena suhu digunung relatif lebih dingin dari pada di dataran rendah. Oleh karena itu bawalah pakaian yang dapat melindungi anda dari dingin, seperti : sweeter, sleeping bag, topi, raincoat, dll. 
  3. Usahakan untuk membawa perlengkapan standar seperti sepatu tracking, tenda, kompas, senter, matras, dll. Ketika anda tidak memilikinya dan tidak mampu membelinya sekaligus silahkan beli secara bertahap atau ketempat penyewaan alat -alat outdoor.
  4. perhatikan cuaca saat akan mendaki gunung, karena cuaca yang buruk bukan saja menghambat perjalanan tapi juga bisa membahayakan perjalanan anda. Jadi sebaiknya anda melakukan pendakian di musim kemarau
  5. Jangan lupa kotak P3K dan obat pribadi. karena banyak hal yang bisa menimpa anda ketika mendaki gunung seperti demam, luka gores, hipotermia dll. jadi sebaiknya lengkapi kotak P3K anda.
Itulah sedikit tips mendaki gunung bagi pemula, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar