Rabu, 10 April 2013

GUNUNG BAWAKARAENG

Identitas Gunung

Nama Gunung : Bawakaraeng
Tinggi : 2830 M dpl
Tempat : Dusun Lembanna, Kec. Tompo Bulu, Malino, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan (119° 56 ‘40″ BT ; 05°19′ 01″ LS)

Transportasi

Makassar - Hutan Wisata Malino - Lembanna
(dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum)
 
Perijinan 

Perijinan : Kepala Dusun Lembanna


Sekilas Tentang Perjalanan


Pendakian dimulai dari Dusun Lembanna, medannya berupa perkebunan penduduk lalu mulai masuk pintu Hutan Pinus dan untuk mencapai Pos 1 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 1

Dari Pos 1 yang ketinggian mencapai 1650 m dpl, pendakian terus landai hingga mencapai Pos 2, diperlukan waktu tak lebih dari 1 jam perjalanan, disini tersedia mata air yg mengalir.
Pos 2

Perjalanan belum terlalu menanjak, masih landai dan mulai masuk vegetasi hutan khas Sulawesi, waktu tempuh kurang lebih 1 jam
 
Pos 3

Perjalanan dari pos ini hampir sama dengan pos 2 dimana perjalanannya tidak terlalu menanjak dan waktu tempuhya pun cenderung masih sama.
Pos 4

Pos 4 di tempuh dalam waktu lebih dari 1 Jam perjalanan untuk mencapai pos 5 karena perjalanannya lumayan jauh meskipun tidak terlalu menanjak
Pos 5

Di pos 5 terdapat mata air, hanya saja lumayan jauh dari pos. Biasanya Pos 5 digunakan untuk Camp. Dari Pos 5, perjalanan mulai menanjak dan sepanjang perjalanan akan melewati pohon-pohon yg tumbang dan cukup terbuka karena dari Pos 5 – 6, hutannya habis terbakar, kalau mendaki malam hari sebaiknya berhati-hati, karena disini biasanya pendaki sering ttersesat, karena jalurnya tak begitu terlihat.
Pos 6

Ketika tiba di Pos 6, perjalanan masih melalu hutan yg lumayan lebat, perjalanan terus menanjak dan hutan mulai berganti vegetasi hutan yg berbeda dan setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, akan tiba di Pos 7, yg punya ketinggian 2710 mdpl.
Pos 7

Di Pos 7 pemandangan sangat indah dan tempatnya terbuka. Dipos 7 inilah pendaki sering terjebak badai.
Pos 8

Dari Pos 7 menuju Pos 8, jalur mulai naik turun, di sepanjang jalur ini terdapat 2 kuburan dan ada pula In-memoriam pendaki yg tewas, setelah melewati 2 bukit yg punya ketinggian rata-rata 2700 mdpl, jalur akan menurun dan Tiba di Pos 8, disini terdapat mata air, dan biasanya pendaki bermalam di pos ini. Suhu pada malam hari antara 8-10 derajat.
Pos 9

Jalur menuju pos ini menanjak dan banyak bunga edelweis. Di pos 9 juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda karena terdapat mata air.
Pos 10

Pos 10 adalah Puncak Gunung Bawakaraeng. Untuk mencapai puncak Bawakaraeng, tidak lah terlalu sulit, walaupun sedikit mendaki. Setelah menempuh kurang lebih ½ jam perjalanan, maka akan tiba di Puncak Bawakaraeng. Sebaiknya sebelum menuju puncak perhatikan kondisi alam di puncak, terkadang angin bertiup lumayan kencang dan sering terjadi badai.

0 komentar:

Posting Komentar