Kamis, 29 Agustus 2013

Indonesia Merdeka ???

Tepat enam puluh delapan tahun lalu nenek moyang kita dari sabang sampai merauke berjuang demi sebuah kemerdekaan. Tak sedikit yang menjadi korban dan tak sedikit pula yang menjadi penghianat. Mereka yang menjadi saksi sejarah kelam kemerdekaan negara ini hanya mendapatkan penghargaan semu, dan sangat berbanding terbalik dengan cara negara lain memperlakukan pahlawan negara mereka.
Apakah Indonesia sudah merdeka?. Entahlah ketika setiap hari kita mengibarkan bendera merah putih diujung tiang, apakah kita sudah disebut merdeka ?. ketika kita tak tau menghargai orang-orang yang melahirkan negara ini, bagaimana mungkin negara ini bisa menghargai kita. Apakah kita tak takut durhaka?? Seperti anak yang tak menghargai orang tuanya.
Bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan ini???. Apakah dengan merusak alam ini ?, ataukah dengan menyengsarakan si miskin dan membuncitkan si kaya?. Apakah dengan menjual pulau – pulau di Indonesia  ke pribadi atau negara luar?. Ataukah merubah negara presidentil  ini seolah olah menjadi negara kerajaan garis darah?. Mungkin itu hanya sebahagian kecil cara kita mengisi kemerdekaan yang banyak daratan dan lautannya tertumpah darah pahlawan.
Setelah enam puluh delapan tahun indonesia merdeka, apakah kita sudah sadar bahwa negara dan alam ini bukan warisan tapi titipan anak cucu?

                                
                                                                                                              NRA.059

0 komentar:

Posting Komentar